CARA MERAWAT BATERAI PONSEL AGAR TIDAK MUDAH DROP atau RUSAK

CARA MERAWAT BATERAI PONSEL AGAR TIDAK MUDAH DROP atau RUSAK

Baterai merupakan peralatan tambahan yang sangat penting, karena jika terjadi masalah dengan baterai maka handphone kita akan sangat kesulitan dalam penggunaannya.karena kita akan susah dalam menghubungi atau dihubungi jika baterai drop, ada cara mudah merawat baterai agar tidak mudah rusak atau drop :

1. Matikan Ponsel. Saat pengisian ulang baterai sebaiknya ponsel dimatikan. Jika ANda mengaktifkan status selama charging, kemungkinan pengisian daya baterai tidak akan pernah maksimal. Sebab selama ponsel aktif, konsumsi daya listriknya juga tinggi, karena ponsel dipaksa untuk mengkonsumsi listrik. Apalagi jika waktu pengisian, Anda enggunakanya untuk berkomunikasi. Jika itu dilakukan kondisi baterai akan cepat drop.

2. Segera Cabut. Cabut segera baterai Anda bila sudah penuh. Hal itu untuk mengurangi daya konsumsi listrik yang berlebihan pada ponsel Anda, yang kadangkala mebuat ponsel terasa panas. Jika aktifitas komunikasi tidak ingin terganggu, Anda bisa menggunakan Battery Charge Controller, sebuah komponenyang ditanam dalam baterai untuk menghentikan proses charging jika baterai telah penuh.karena kadang kita lupa mencabut charger saat charging hingga pagi hari. untuk baterai pengisian max 3 jam biasanya sudah penuh.

3. Jangan Sering Isi Baterai. Sebaiknya Anda jangan terlalu sering melakukan pengisian baterai. Usahakan pengisian dilakukan bila baterai benar-benar lemah. Perlu Anda ketahui, baterai memiliki lifetime (usia pakai) sekitar 400-500 kali charge. karena sel-sel yang ada di baterai rusak.

4.Anda melakukan pengisian baterai melalui aliran listrik dari kendaraa/mobil, hal itu berpotensi terhadap terjadinya fluktuasi tegangan akibat mati dan hidupnya mesin -yang dapat meneybabkan umur baterai tidak awet. Jadi, lebih baik melakukan pengisiap dari listrik rumah (PLN).

5. Jauhkan Dari Benda Ekstrim. Tindakan lain yang bisa Anda lakukan untuk memeperpanjang usia baterai adalah dengan menjauhkan baterai dari panas dan dingin yang ekstrim serta benda yang tersbuat dari magnet, misalnya komputer, meja gambar dll.Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terjemur matahari, di atas laptop atau konsol game yang suhunya panas.

6.Atur settingan dan matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan seperti bluetooth, infrared jika tidak digunakan matikan, atur backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja. dan jangan terlalu sering digunakan untuk game atau MP3 karena menyebabkan baterai cepat habis dan panas.

About js-tronik

Sarjana Hukum tapi Kerja di bidang komputer dan Ponsel elektronika..hahaha...

Posted on 27 Mei 2009, in electronic about repairing, tips and guide personal computer and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. makasih bang info nya semoga berguna uat semua nya
    hehehehehehehehe

  1. Ping-balik: Cara Merawat dan Menjaga Ponsel « Js tronik Blog

%d blogger menyukai ini: